Saling Berbagi Itu Indah

Sunday 10 January 2016

IT Literature


Offline Blogging





Ide atau pemikiran sangat dibutuhkan oleh seorang penulis sebagai inspirasi untuk menulis artikelnya. Ide merupakan suatu hal yang paling berharga, karena dari sebuah ide-lah sesuatu hal yang menakjubkan dapat terwujud. Terkadang ide tersebut bisa datang secara tiba-tiba dan tak terduga. Bagi seorang penulis blog atau blogger koneksi internet adalah kebutuhan utama yang harus terpenuhi. Sebuah ide yang telah kita dapatkan dari pemikiran keras tidak boleh kita sia-siakan begitu saja. Oleh karena itu biasanya seorang blogger setelah mendapatkan ide langsung menuliskan ide atau inspirasinya tersebut sebelum lupa.  Tetapi bagaimana jika suatu ide muncul ketika tidak ada koneksi internet?

Salah satu aplikasi offline blogging yang populer adalah Windows Live Writer. Seorang Blogger dapat menuliskan inspirasinya secara offline di aplikasi ini. Inilah yang paling dicari oleh para blogger karena bisa menghemat biaya koneksi internet. Windows Live Writer dapat digunakan untuk mengirimkan postingan tanpa perlu login di layanan situs pembuat blog. Aplikasi ini pun mendukung banyak blog yang populer seperti wordpress, blogger, dsb. Fasilitas untuk mengedit lengkap, seperti hyperlink, gambar, video layaknya aplikasi pengolah kata MS Word. Sinkronisasi dengan template dan kategori yang sudah pernah dibuat sebelumnya juga dapat dilakukan. Yang paling penting adalah fasilitas auto recovery, jika tidak sengaja tertutup dapat tersimpan otomatis. Masih banyak lagi kelebihan dari aplikasi Windows Live Writer ini.



Cloud Storage



Dulu kita hanya mengetahui media penyimpan perangkat komputer seperti harddisk, flashdisk, CD/DVD bahkan yang lebih lama lagi disket. Tapi data yang kita simpan di media penyimpanan tersebut bisa saja hilang. Mengapa ? karena jika kita tidak berhati-hati atau tidak merawat dengan baik ketika menggunakan media penyimpanan tersebut dan rusak maka data didalamnya tidak bisa dibaca. Contohnya harddisk yang tergores karena sering mati lampu.

Kita juga pasti pernah merasakan kehilangan data saat sistem komputer kita rusak dan harus install ulang contohnya karena terserang virus. Untuk mengatasi hal itu semua maka kita perlu melakukan Backup atau pencadangan sebelum hal-hal itu terjadi.

Cloud Storage atau media penyimpanan awan merupakan cara yang tepat untuk mencadangkan data kita karena kita bisa mengakses data yang kita simpan kapan saja dan dimana saja jadi tidak khawatir lagi jika harddisk kita rusak. Cloud Storage menggunakan akses internet. Data kita cadangkan melalui internet dan dapat kita unduh lagi jika kita memerlukan data tersebut. Cloud Storage yang paling populer adalah Google Drive karena layanannya menyediakan penyimpanan awan gratis hingga mencapai 15 GB hanya dengan membuat akun gmail. Saat ini setiap orang pasti mempunyai akun gmail apalagi zamannya smartphone. Google Drive mempunyai keunggulan data bisa kita bagikan ke siapa saja dan kapan saja.


RSS Feed
 


Zaman sekarang adalah era Informasi (Information Age). Tanpa informasi kita tidak akan mengetahui perkembangan situasi saat ini. RSS merupakan file berformat XML yang digunakan  untuk sebuah situs web atau blog yang memberikan kemudahan bagi kita untuk memperoleh informasi terbaru dari web atau blog tersebut tanpa harus mengunjungi web atau blog tersebut. Kita sebagai makhluk sosial tentunya pasti ingin sekali berbagi informasi kepada orang lain. Dengan informasi kita memperoleh pengetahuan yang akan menunjang wawasan kita akan dunia sekitar. Lalu apa sih Feed itu? Feed merupakan pengumpul untuk mengecek situs web atau blog yang menyediakan RSS serta menampilkan berbagai artikel baru yang ditemukan dan menyaring berita-berita agar kita mudah dalam menyerap informasi tersebut karena berita yang ditampilkan hanya secara garis besar tidak terlalu mendalam.

Cara mengguakan RSS ini mudah, kita hanya tinggal mengklik tombol RSS atau simbol RSS. Lalu kita diberi pilihan untuk memilih RSS Reader yang memberi kemudahan bagi kita seperti Google atau My Yahoo!. Setelah itu klik Subscribe, bisa juga berlangganan lewat email agar informasi terbaru dapat kita terima melalui email.


Podcast


Podcast sering digunakan sebagai cara untuk menarik perhatian orang pada suatu hal yang kita lakukan. Orang yang membuat podcast karena ingin mengekspresikan suatu hal misalnya rasa cintanya terhadap sebuah acara TV, pengetahuan tentang teknologi terbaru, kehidupan sosial pribadinya dan sebagainya. Podcast ini merupakan sebuah file berformat MP3 yang tersedia di RSS feed. Dengan koneksi internet dan perangkat audio kita bisa menghasilkan podcast dan membagikannya secara online di internet karena podcast ini merupakan multimedia digital. Podcast sendiri pada umumnya sering berisi berita terbaru dalam bentuk video atau audio dan kebanyakan podcast berisi wawancara atau komentar. Podcast ini memberikan cara yang lebih mudah untuk kita mandiri dalam menyiarkan informasi karena tidak perlu pendidikan formal, tidak perlu izin dan tidak perlu pengalaman, siapa saja bisa melakukannya. Bahkan dengan kelebihan podcasting ini, podcast bisa digunakan untuk mempromosikan sebuah produk perusahaan. Kebanyakan isi podcast adalah siaran musik dan talkshow acara televisi.


Time Management



Setiap orang pasti mempunyai kesibukan masing-masing. Tingkat kesibukan seseorang ditentukan oleh kadar masalah yang sedang dihadapinya. Oleh karena itu kita perlu memanfaatkan waktu agar waktu yang kita gunakan tidak sia-sia dan dimanfaatkan secara optimal. Kita harus bisa mendisiplinkan diri kita dengan teratur agar produktivitas kerja kita meningkat yang terpenting adalah komitmen kita yang konsisten terhadap jadwal yang telah kita buat. Sebaiknya kita tidak menunda-nunda pekerjaan karena waktu itu sangat berharga. Dalam menyelesaikan pekerjaan pasti ada yang namanya batas akhir atau deadline. Dengan adanya deadline ini kita memiliki tanggung jawab yang besar untuk menyelesaikan tugas tersebut sesuai dengan target kita. Manajemen waktu inilah yang akan membantu kita menyelesaikan tugas atau masalah tersebut dengan mudah karena sudah terjadwal dengan menentukan skala prioritas.

Aplikasi yang saya gunakan di komputer adalah TimeLine Maker Pro v3. Aplikasi ini memiliki banyak kelebihan dalam hal mengatur jadwal yang bisa ditampilkan dalam bentuk tabel, kronologi dan grafik. Cara kerja aplikasi ini kita bisa menentukan jangkauan waktu untuk menyelesaikan dengan memasukkan waktu perkerjaan dimulai dan kapan waktu pekerjaan diakhiri, serta memberi keterangan. Sehingga waktu yang kita gunakan untuk beribadah, belajar, menyelasaikan tugas, bersosial dapat berjalan dengan baik.


One Note


Kita sebagai manusia tidak luput dari kesalahan. Terkadang kita sering lupa terhadap aktivitas yang kita lakukan selanjutnya karena banyaknya aktivitas yang kita jalani dalam rutinitas sehari hari. Kita memiliki keterbatasan dalam hal mengingat sesuatu. Untuk mengatasi hal tersebut terkadang kita menulis list kegiatan yang akan kita lakukan dalam sehari misalnya di catatan kecil, buku atau binder. Tetapi ketika kita tidak membawa tas kita pasti kebingungan juga karena ketika kita ingin melihat list kegiatan catatan tersebut ketinggalan. Terkadang setelah kita mencatat nya di buku, setelah beberapa lama kita lupa mencatatnya di buku mana dan halaman berapa. Tidak bisa dipungkiri lagi dengan kecanggihan zaman sekarang ini rata-rata setiap orang pasti memiliki smartphone. Kemana mana orang pergi pasti membawa HP. Nah kita bisa beralih dengan menggunakan list catatan  kegiatan secara digital  jadi tidak perlu repot membawa buku atau semacamnya.

Aplikasi One Note ini sangat cocok untuk keperluan pencatatan dan mengeluarkan ide kita kapanpun dimanapun. Kita dapat menuliskan catatan, semua jenis informasi sebagai pengingat. One note merupakan tempat untuk mengorganisir, mengumpulkan dan mencari berbagai catatan, ide serta informasi yang kita tulis sebelumnya. One note memberikan ruang bebas untuk menulis, mengetik, grafik. One note juga bisa untuk menambah catatan berupa gambar. Kelebihan One note yang utama yaitu bisa disinkronkan keberbagai macam perangkat seperti laptop, smartphone, tablet sehingga kita bisa mengakses catatan kapan saja dan dimana saja.


Komunitas Online 


 
Manusia pada dasarnya adalah makhluk sosial yang tidak bisa hidup tanpa bantuan orang lain. Oleh karena itu setiap orang pasti ingin membentuk suatu kelompok seperti komunitas yang mempunyai hobi atau tujuan yang sama agar kebutuhannya (contohnya Informasi) terpenuhi. Ketika kita menghadapi masalah tentunya kita memiliki pertanyaan yang belum terjawab dan kita bingung ingin menanyakannya pada siapa. Dengan ikut di suatu komunitas kita bisa saling berdiskusi dan bertukar pikiran sehingga pertanyaan kita dapat terjawab karena didalam sebuah komunitas banyak orang tergabung dari berbagai bidang ilmu yang dimilikinya. Salah satu komunitas online paling populer di Indonesia adalah “KASKUS”. Di dalam komunitas tersebut akan terdapat sebuah forum yang membahas masalah tertentu dan jika forum tersebut cocok dengan jawaban dari pertanyaan yang kita cari kita bisa masuk ke forum tersebut. Berbagi pengalaman di forum Komunitas Kaskus juga bisa kita lakukan. Ketika kita bergabung di sebuah komunitas kita juga bisa memperbanyak link yang memudahkan kita nanti saat mencari pekerjaan. 







0 komentar:

Post a Comment

Translate

Popular Posts

Tutorial Bootstrap

Tutorial Bootstrap
>>> Klik Gambar untuk Mendownload File Tutorial Bootstrap 3 dan 4.

Presentation Input - Output System

Presentation Input - Output System
>>> Klik Gambar untuk Mendownload File Microsoft PowerPoint.

Project Sederhana Basis Data

Project Sederhana Basis Data
>>> Klik Gambar untuk Mendownload File Microsoft Access.

QR Code Kartu Nama

QR Code Kartu Nama
Kode QR atau biasa dikenal dengan istilah QR Code adalah bentuk evolusi kode batang dari satu dimensi menjadi dua dimensi. QR merupakan singkatan dari quick response atau respons cepat, yang sesuai dengan tujuannya adalah untuk menyampaikan informasi dengan cepat dan mendapatkan respons yang cepat juga. Berbeda dengan kode batang, yang hanya menyimpan informasi secara horizontal, kode QR mampu menyimpan informasi secara horizontal dan vertikal, oleh karena itu secara otomatis Kode QR dapat menampung informasi yang lebih banyak daripada kode batang.
bayusujatmoko. Powered by Blogger.