Saling Berbagi Itu Indah

Tuesday 20 October 2015

Cara Kerja Internet


Bagaimana Internet Bekerja?





Data yang dikirimkan ke Internet menempuh perjalanan melalui jaringan dan media komunikasi yang dimiliki dan dioperasikan oleh banyak perusahaan.


Internet adalah kumpulan jaringan di seluruh dunia yang menghubungkan jutaan perusahaan, badan pemerintah, institusi pendidikan, dan perorangan. Para karyawan dan pelajar sering terhubung ke internet melalui jaringan dari perusahaan atau sekolah mereka. Beberapa pengguna rumahan dan kantoran kecil menggunakan akses dial-up untuk terhubung ke Internet, menggunakan modem dalam komputer dan sebuah jalur telepon standar. Banyak pengguna rumahan dan kantoran yang memilih untuk menggunakan sambungan berkecepatan lebih tinggi, seperti DSL, televisi kabel, sinyal radio, atau satelit. DSL menyediakan sambungan internet berkecepatan tinggi melalui jalur telepon standar yang terbuat dari kabel tembaga. Modem kabel dapat mengakses layanan Internet berkecepatan tinggi melalui jaringan televisi kabel. Sambungan Internet nirkabel terikat menggunakan antene berbentuk piring untuk berkomunikasi melalui sinyal radio. Modem satelit berkomunikasi dengan satelit untuk menyediakan sambungan Internet berkecepatan tinggi.  

Penyedia akses adalah perusahaan yang memberikan akses ke internet untuk sejumlah biaya atau gratis. Penyedia layanan Internet (Internet service provider - ISP) adalah penyedia akses regional atau nasional. Penyedia layanan online (Online Service Provider - OSP) menyediakan akses internet sebagai tambahan dari fitur-fitur khusus anggota. Penyedia layanan Internet nirkabel (wireless Internet Service Provider - WISP) menyediakan akses Internet nirkabel untuk para pengguna yang memiliki modem nirkabel, komputer, atau perangkat bergerak yang dapat mengakses internet.





Penjelasan Gambar :

Komputer - komputer yang terhubung ke Internet bekerja bersama untuk mentransfer data dan informasi di seluruh dunia. Beberapa media transmisi utama mentransfer sebagian besar lalu lintas data di Internet. Pembawa data jaringan yang besar ini disebut bersama-sama sebagai backbone internet.

Untuk terhubung ke internet komputer harus tersambung dengan kabel telepon melalui perangkat disebut Modem. Fungsi modem yaitu mengubah sinyal digital menjadi sinyal analog begitu juga sebaliknya.  Sebuah perangkat lunak khusus diperlukan untuk mengubah data komputer menjadi sinyal telepon yang bisa di transfer melalui kabel telepon. Ketika komputer mengirimkan data melalui Internet, data tersebut dibagi menjadi paket-paket. Setiap paket berisi data, sekaligus juga penerima (tujuan), asal (pengirim), dan urutan informasi yang digunakan untuk menyusun kembali data di tempat tujuannya. Setiap paket berjalan sepanjang jalur tersendiri yang paling cepat ke komputer penerima melalui perangkat komunikasi yang disebut router. Lalu setelah sampai di tujuan, paket data tersebut akan disatukan kembali hingga ditampilkan di layar monitor Anda.

Lalu bagaimana data seorang pengguna rumah tangga bergerak di Internet menggunakan Sambungan Modem Kabel ?

Anda memulai tindakan untuk meminta data dari internet. sebagai contoh, Anda meminta untuk menampilkan sebuah halam web di layar komputer. Kabel modem menyampaikan sinyal digital dari komputer ke jalur televisi kabel di rumah anda.  Permintaan anda (dalam bentuk sinyal digital) mengalir melalui jalur televisi kabel ke suatu sistem kabel pusat, yang penggunaannya dibagi pada 500 rumah dala suatu wilayah. Sistem kabel pusat mengirimkan permintaan Anda melalui jalur kawat optik berkecepatan tinggi ke operator kabel, yang seringnya juga merupakan ISP. ISP mengirimkan permintaan anda melalui backbone internet ke server tujuan (server menyimpan situs web yang diminta). Server mengambil halaman web yang diminta dan mengrimkannya kembali ke backbone Internet hingga tiba di komputer Anda.




Sumber - Sumber : 
Vermaat, Shelly Cashman. 2007. Discovering Computers Menjelajah Dunia Komputer FUNDAMENTAL edisi 3. Jakarta: Salemba Infotek.



 

0 komentar:

Post a Comment

Translate

Popular Posts

Tutorial Bootstrap

Tutorial Bootstrap
>>> Klik Gambar untuk Mendownload File Tutorial Bootstrap 3 dan 4.

Presentation Input - Output System

Presentation Input - Output System
>>> Klik Gambar untuk Mendownload File Microsoft PowerPoint.

Project Sederhana Basis Data

Project Sederhana Basis Data
>>> Klik Gambar untuk Mendownload File Microsoft Access.

QR Code Kartu Nama

QR Code Kartu Nama
Kode QR atau biasa dikenal dengan istilah QR Code adalah bentuk evolusi kode batang dari satu dimensi menjadi dua dimensi. QR merupakan singkatan dari quick response atau respons cepat, yang sesuai dengan tujuannya adalah untuk menyampaikan informasi dengan cepat dan mendapatkan respons yang cepat juga. Berbeda dengan kode batang, yang hanya menyimpan informasi secara horizontal, kode QR mampu menyimpan informasi secara horizontal dan vertikal, oleh karena itu secara otomatis Kode QR dapat menampung informasi yang lebih banyak daripada kode batang.
bayusujatmoko. Powered by Blogger.