Saling Berbagi Itu Indah

Saturday 12 December 2015

Social Networking Infographic




Analisa Infografis :

Infografis diatas  menjelaskan 5 situs jejaring sosial (social networking site) yang banyak digunakan oleh masyarakat di dunia pada umumnya seperti Facebook, Twitter, Instagram, Google+ dan LinkedIn. Jika diurutkan dari pengguna terbanyak maka berdasarkan Infografis di atas facebook menempati posisi pertama disusul pengguna google+, linkedin, twitter, dan instagram.

1. Facebook 
Facebook adalah layanan jaringan sosial dan situs web, agar semua orang bisa membuat profil pribadi yg bertujuan mencari teman. Facebook juga menambahkan pengguna lain sebagai teman dan bertukar pesan, termasuk pemberitahuan otomatis ketika mereka memperbarui profilnya.pengguna dapat bergabung dengan grup pengguna yang memiliki tujuan tertentu, diurutkan berdasarkan tempat kerja, sekolah, perguruan tinggi, atau karakteristik lainnya. 

Dari informasi Infografis diatas Layanan jejaring sosial yang didirikan oleh Mark Zuckerberg ini digunakan oleh 1 milyar lebih pengguna dari seluruh dunia dan bisa terus meningkat. Sebanyak 350 juta pengguna jejaring sosial facebook mengakses situs facebook melalui telepon genggam atau smartphone. Jejaring sosial facebook memiliki kesempatan yang besar untuk membangun hubungan / relationship sesama penggunanya. Pengguna paling banyak menggunakan facebook terjadi pada hari Jumat untuk saling berinteraksi dengan pengguna facebook lainnya.

2. Twitter
Twitter adalah sebuah situs web yang dimiliki dan dioperasikan oleh Twitter Inc., yang menawarkan jejaring sosial yang memungkinkan penggunanya untuk mengirim dan membaca pesan yang disebut kicauan (tweets). Kicauannya adalah teks tulisan hingga 140 karakter yang ditampilkan pada halaman profil pengguna. Kicauan bisa dilihat dari luar tanpa harus masuk ke akun twitter, namun pengirim dapat membatasi pengiriman pesan ke daftar teman-teman mereka saja. Pengguna dapat melihat kicauan penulis lain yang dikenal dengan sebutan pengikut. Semua pengguna dapat mengirim dan menerima kicauan melalui situs Twitter.

Berdasarkan informasi Infografis diatas jejaring sosial twitter memiliki peluang besar untuk membagikan (share) informasi secara akurat (Real - Time). Pengguna jejaring sosial twitter kebanyakan aktif pada malam hari antara jam 10 malam sampai jam 11 malam. Sebanyak 190 juta orang melakukan kicauan (tweet) di situs Twitter dalam sehari. Pengguan aktif twitter saat ini diperkirakan sebanyak 250 juta pengguna aktif dari seluruh dunia dan bisa terus meningkat.

3. Instagram
Instagram adalah sebuah aplikasi berbagi foto yang memungkinkan pengguna mengambil foto, menerapkan filter digital, dan membagikannya ke berbagai layanan jejaring sosial, termasuk milik Instagram sendiri. Sistem sosial di dalam Instagram adalah dengan menjadi pengikut akun pengguna lainnya, atau memiliki pengikut Instagram. Dengan demikian komunikasi antara sesama pengguna Instagram sendiri dapat terjalin dengan memberikan tanda suka dan juga mengomentari foto-foto yang telah diunggah oleh pengguna lainnya.  Untuk menemukan teman-teman yang ada di dalam Instagram, dapat menggunakan teman-teman mereka yang juga menggunakan Instagram melalui jejaring sosial lainnya seperti Twitter dan juga Facebook.

Infografis diatas memberikan informasi bahwa 50 % dari pengguna Instagram berada di Amerika Serikat. Selain itu pengikut juga menjadi salah satu unsur yang penting, dan jumlah tanda suka dari para pengikut sangat mempengaruhi apakah foto tersebut dapat menjadi sebuah foto yang populer atau tidak. Hal ini dapat mendorong keterlibatan antara pengguna instagram yang satu dengan yang lain untuk mencari dan menunjukkan fans terbanyak melalui jumlah like untuk foto yang di unggahnya ke situs Instagram sehingga menjadi ajang popularitas. Saat ini diperkirakan pengguna instagram aktif mencapai 200 juta pengguna di seluruh dunia dan dapat bertambah seiring berjalannya waktu.

4. Google +
Google Plus adalah layanan sosial networking yang dibuat oleh Google untuk menghubungkan penggunanya berinteraksi dengan berbagi pengalaman, link dan foto. Anda dapat melakukan video chat dengan teman atau rekan bisnis melalui Google Plus. Anda juga dapat mencari teman-teman anda pada layanan ini dengan cepat. Ini merupakan terobosan yang sangat luar biasa bagi Google untuk berinovasi dan berbagi.

Berdasarkan informasi yang didapat dari Infografis diatas, mayoritas jejaring sosial google+ digunakan dalam bidang teknik. Bidang teknik yang banyak digunakan di google+ yang pernah saya temukan adalah bidang Teknik Informatika karena saya banyak menemukan grup di google+ yang berhubungan dengan  komputer seperti  IT Professionals, HTML 5, PHP Developers, C++ Programmers dan grup yang berhubungan dengan sistem operasi seperti Kali Linux, Oprek Android bahkan Hacking. Google+ berpeluang besar untuk terlibat langsung memperbaiki peringkat Search Engine Optimization (SEO). Sebanyak 68 % dari seluruh pengguna google+ di dunia adalah pria karena memang google+ banyak dimanfaatkan oleh para insinyur atau engineer untuk saling terhubung dan berbagi informasi. Saat ini pengguna aktif google+ mencapai 359 juta pengguna yang tersebar di seluruh dunia dan bisa terus meningkat.

5. LinkedIn
LinkedIn adalah situs web jaringan sosial yang berorientasi bisnis, terutama digunakan untuk jaringan profesional. Linkedin memiliki manfaat  untuk membuat profil professional kita secara online dan membangun jaringan dengan professional lainnya, mengenal orang lain yang belum kita kenal melalui jaringan orang-orang professional yang kita kenal, menemukan hubungan baru, mengenal professi seseorang, dan keberadaan sebuah perusahaan serta mencari pekerjaan. Inti dari jejaring sosial LinkedIn ini adalah untuk membuat hubungan bisnis-ke-bisnis, namun kekuatannya melalui jaringan sosial yang sederhana.

Dari informasi Infografis diatas Linkedin berpeluang besar untuk saling terhubung, terhubung dan terhubung untuk memperoleh informasi dari teman kita yang sudah sukses lebih dulu atau profesional lainnya yang telah kita kenal. Mendapatkan informasi dunia kerja sesuai dengan bidang yang kita impikan adalah keinginan setiap mahasiswa untuk mencapai kesuksesan, sehingga mahasiswa tersebut tahu apa yang harus dipersiapkan untuk mengasah softskill nya selama menempuh pendidikan di perguruan tinggi. LinkedIn merupakan jaringan profesional terbesar di dunia dengan jumlah anggota aktif 300 juta dari seluruh dunia. Jejaring sosial LinkedIn tersedia dalam 20 bahasa yang berbeda untuk mendukung kita terhubung dengan profesional dari mancanegara.




0 komentar:

Post a Comment

Translate

Popular Posts

Tutorial Bootstrap

Tutorial Bootstrap
>>> Klik Gambar untuk Mendownload File Tutorial Bootstrap 3 dan 4.

Presentation Input - Output System

Presentation Input - Output System
>>> Klik Gambar untuk Mendownload File Microsoft PowerPoint.

Project Sederhana Basis Data

Project Sederhana Basis Data
>>> Klik Gambar untuk Mendownload File Microsoft Access.

QR Code Kartu Nama

QR Code Kartu Nama
Kode QR atau biasa dikenal dengan istilah QR Code adalah bentuk evolusi kode batang dari satu dimensi menjadi dua dimensi. QR merupakan singkatan dari quick response atau respons cepat, yang sesuai dengan tujuannya adalah untuk menyampaikan informasi dengan cepat dan mendapatkan respons yang cepat juga. Berbeda dengan kode batang, yang hanya menyimpan informasi secara horizontal, kode QR mampu menyimpan informasi secara horizontal dan vertikal, oleh karena itu secara otomatis Kode QR dapat menampung informasi yang lebih banyak daripada kode batang.
bayusujatmoko. Powered by Blogger.