Saling Berbagi Itu Indah

Wednesday 9 December 2015

Social Media







Social Media (Media Sosial) adalah sebuah media yang digunakan untuk berkomunikasi satu sama lain dan dilakukan secara online yang memungkinkan manusia untuk saling berinteraksi tanpa dibatasi ruang dan waktu.

Pendapat lain mengatakan bahwa media sosial adalah media online yang mendukung interaksi sosial dan media sosial menggunakan teknologi berbasis web yang mengubah komunikasi menjadi dialog interaktif. Jejaring sosial merupakan situs dimana setiap orang bisa membuat web page pribadi, kemudian terhubung dengan teman-teman untuk berbagi informasi dan berkomunikasi. Jejaring sosial terbesar antara lain Facebook, Myspace, dan Twitter. Jika media tradisional menggunakan media cetak dan media broadcast, maka media sosial menggunakan internet. 

Media sosial mengajak siapa saja yang tertarik untuk berpertisipasi dengan memberi kontribusi dan feedback secara terbuka, memberi komentar, serta membagi informasi dalam waktu yang cepat dan tak terbatas.

Blog, jejaring sosial dan wiki merupakan bentuk media sosial yang sering digunakan  masyarakat pada umunya. Pengguna sosial media dapat berpartisipasi, berbagi, dan menciptakan tulisan melalui blogjejaring sosial, wiki, forum dan dunia virtual.
 


Mind Map Social Media :

Untuk lebih jelasnya, klik gambar diatas


Sosial media yang populer digunakan saat ini berdasarkan kategori fungsinya :










Daftar Media Sosial dari Indonesia :

Selain media sosial buatan luar negeri ternyata juga ada media sosial buatan anak bangsa yang membanggakan. Berikut adalah daftarnya:



Koprol, Koprol adalah salah satu jejaring sosial dari Indonesia yang cukup populer sebenarnya yang akhirnya diakuisisi oleh Yahoo! Koprol.com adalah social media berbasis lokasi, dengan memberi tahu lokasi sesama user Koprol dan menghubungkan sesama usernya. Terdapat beragam pilihan fitur termasuk fitur check in dan melihat user lainnya yang ada di lokasi yang sama.

Kombes, Situs ini hampir mirip dengan Twitter pada tampilan depannya, pengguna situs Kombes kebanyakan adalah dari Indonesia saja. Kombes.com merupakan perpaduan berbagai situs jejaring sosial yang ada.


Fupei, Fupei merupakan jejaring sosial tertua di Indonesia. Situs ini merpakan website komunitas berisi jurnal kesehatan dan juga kreativitas. Fitur yang beragam yang tidak kalah dengan website-website luar. Kepanjangan Fupei yaitu  Friend Uniting Program Especially Indonesia.

 


Indoface, Indoface.com adalah salah satu jejaring sosial dari Indonesia juga yang hampir mirip dengan Facebook dan Twitter dalam hal fitur. Terdapat beragam fitur, mulai dari update status, check-in, upload foto dan ada pula blog, vote dan my voice dan ingin dikembangkan agar bisa melakukan video chat. Pendirinya adalah Muhammad Fajar Putranto yang sebenarnya bukanlah berlatar belakang IT pada awalnya. Kita tunggu bagaimana sepak terjang IndoFace selanjutnya, semoga bisa berkembang lebih baik lagi.

 

Kwikku, Kwikku memiliki fitur dan layanannya mirip Facebook, namun dengan citarasa lokal. Pada situs ini terdapat presentase kepopuleran dari tiap penggunanya, sehingga mendorong bagi para penggunanya untuk bersaing mendapatkan pengikut atau teman.




Sebangsa, Social media Sebangsa ini punya keunikan yakni Konten Lokal yang terasa ‘Indonesia Banget’. Sosial media ini bisa dibilang mirip Path dan Twitter dengan fitur linimasa dan bisa juga meng-update status dan foto dan kegiatan lainnya. Situs untuk Berbagi cerita, membangun mimpi. Beragam layanan publik partisipatif untuk berbagi dan membangun serta mendapatkan manfaat yang nyata. Tampilan yang cukup profesional dan user friendly. 




Mungkin itu saja informasi yang dapat saya sampaikan, postingan sosial media dari Indonesia di atas merupakan contoh karya anak bangsa yang membanggakan, masih banyak lagi sosial media buatan indonesia yang lainnya. Maju terus Indonesia dalam berkarya.







0 komentar:

Post a Comment

Translate

Popular Posts

Tutorial Bootstrap

Tutorial Bootstrap
>>> Klik Gambar untuk Mendownload File Tutorial Bootstrap 3 dan 4.

Presentation Input - Output System

Presentation Input - Output System
>>> Klik Gambar untuk Mendownload File Microsoft PowerPoint.

Project Sederhana Basis Data

Project Sederhana Basis Data
>>> Klik Gambar untuk Mendownload File Microsoft Access.

QR Code Kartu Nama

QR Code Kartu Nama
Kode QR atau biasa dikenal dengan istilah QR Code adalah bentuk evolusi kode batang dari satu dimensi menjadi dua dimensi. QR merupakan singkatan dari quick response atau respons cepat, yang sesuai dengan tujuannya adalah untuk menyampaikan informasi dengan cepat dan mendapatkan respons yang cepat juga. Berbeda dengan kode batang, yang hanya menyimpan informasi secara horizontal, kode QR mampu menyimpan informasi secara horizontal dan vertikal, oleh karena itu secara otomatis Kode QR dapat menampung informasi yang lebih banyak daripada kode batang.
bayusujatmoko. Powered by Blogger.