Saling Berbagi Itu Indah

Saturday 26 December 2015

Siklus Mesin (Machine Life Cycle)


Apa Saja Komponen sebuah Prosesor, dan Bagaimana Caranya Siklus Mesin Diselesaikan?




Prosesor (processor) mengintepretasikan dan melaksanakan perintah – perintah dasar yang mengoperasikan komputer. Prosesor memiliki unit kontrol (control unit) dan Arithmetic Logic Unit (ALU).

Unit kontrol adalah komponen dari prosesor yang mengarahkan dan mengoordinasikan hampir seluruh operasi pada komputer. Unit kontrol berperan seperti polisi lalu lintas: unit kontrol mengintepretasikan setiap perintah yang diperlukan program kemudian memulai aksi yang bersesuaian untuk melaksanakan perintah tersebut.

Arithmetic Logic Unit, merupakan komponen lain dari prosesor, melakukan operasi aritmatika, perbandingan, dan operasi – operasi lainnya. Operasi aritmatika adalah perhitungan dasar seperti penambahan, pengurangan, perkalian, dan pembagian. Operasi perbandingan melibatkan pembandingan sebuah bagian data dengan bagian data lainnya untuk menentukan apakah bagian pertama lebih besar, sama, atau kurang dari bagian lainnya. Berdasarkan hasil perbandingan, aksi-aksi yang berbeda dapat dilangsungkan.

Siklus Mesin, untuk setiap perintah, prosesor mengulangi suatu rangkaian yang terdiri atas empat operasi dasar yang menyusun sebuah siklus mesin.

  1. Pengambilan (fetch) adalah proses menemukan sebuah perintah program atau item data pada memori.
  2. Penerjemahan kode (decode) merujuk pada proses penerjemahan perintah menjadi sinyal – sinyal yang dapat dieksekusi oleh komputer.
  3. Eksekusi (execution) adalah proses pelaksanaan perintah-perintah. 
  4.   Penyimpanan (Store), dalam konteks ini, berarti menulis hasil eksekusi pada memori (bukan media penyimpanan)

Unit Kontrol mengambil perintah-perintah program dan data dari memori, mengubah perintah menjadi perintah yang dapat dieksekusi oleh komputer. Alu mengeksekusi perintah-perintah, dan hasilnya disimpan pada memori.





Sumber - Sumber :
Vermaat, Shelly Cashman. 2007. Discovering Computers Menjelajah Dunia Komputer FUNDAMENTAL edisi 3. Jakarta: Salemba Infotek.
 







0 komentar:

Post a Comment

Translate

Popular Posts

Tutorial Bootstrap

Tutorial Bootstrap
>>> Klik Gambar untuk Mendownload File Tutorial Bootstrap 3 dan 4.

Presentation Input - Output System

Presentation Input - Output System
>>> Klik Gambar untuk Mendownload File Microsoft PowerPoint.

Project Sederhana Basis Data

Project Sederhana Basis Data
>>> Klik Gambar untuk Mendownload File Microsoft Access.

QR Code Kartu Nama

QR Code Kartu Nama
Kode QR atau biasa dikenal dengan istilah QR Code adalah bentuk evolusi kode batang dari satu dimensi menjadi dua dimensi. QR merupakan singkatan dari quick response atau respons cepat, yang sesuai dengan tujuannya adalah untuk menyampaikan informasi dengan cepat dan mendapatkan respons yang cepat juga. Berbeda dengan kode batang, yang hanya menyimpan informasi secara horizontal, kode QR mampu menyimpan informasi secara horizontal dan vertikal, oleh karena itu secara otomatis Kode QR dapat menampung informasi yang lebih banyak daripada kode batang.
bayusujatmoko. Powered by Blogger.