Saling Berbagi Itu Indah

Wednesday 9 December 2015

Perbedaan Sistem Operasi 32 bit dengan 64 bit





 




Istilah “bit” merupakan sebuah satuan data mengacu pada cara komputer untuk menangani informasi dalam kode binary, di mana semua data dapat dikenali sebagai serangkaian angka digit yang terdiri dari 1 atau 0. Masing-masing digit dihitung sebagai satu bit. Komputer 32 bit adalah komputer yang dapat memproses 232 data dalam satu waktu. Sedangkan komputer 64 bit adalah komputer yang dapat memproses 264 data dalam satu waktu.

Sistem Operasi 32-bit
dapat bekerja dengan kapasitas memori maksimal mencapai 4GB dan ini biasanya dibatasi 2GB untuk setiap (slot) satu RAM memory.  

Sistem operasi 64-bit  memiliki potensi kinerja komputer yang jauh lebih besar karena dapat mengakses  RAM diatas 4 GB. Oleh karena itu diperlukan perubahan mendasar dalam merancang sebuah software untuk sistem operasi 64-bit. Prosesor 64 bit dapat bekerja dengan kapasitas memory hingga 17 juta. 

Perbedaan mendasar antara sistem operasi 32 bit dengan 64 bit adalah jumlah informasi yang mampu ditangani oleh prosesor PC pada saat tertentu. Sistem operasi 64 bit mampu menangani tugas hingga dua kali lebih cepat. Ditinjau dari segi software, Perangkat lunak yang dibuat untuk sistem operasi 32 bit sebagian besar dapat berjalan di sistem operasi 64 bit dengan ketentuan kecepatan pemrosesan data pada aplikasi masih sama dengan saat dijalankan pada sistem operasi 32 bit, tetapi perangkat lunak yang dibuat untuk sistem operasi 64 bit tidak support sama sekali jika dijalankan pada sistem operasi 32 bit.  Sistem Operasi 32 bit dapat dipasang pada semua jenis prosesor sedangkan sistem operasi 64 bit hanya dapat dipasang pada prosesor yang bertipe 64 bit saja dan dari segi driver hanya cocok pada masing-masing tipe prosesor yang sesuai.



Sumber - Sumber :
http://www.it-jurnal.com/2014/10/perbedaan-sistem-32bit-dan-64bit.html
http://www.astronkomputer.com/2014/01/perbedaan-sistem-operasi-32-bit-dengan.html

0 komentar:

Post a Comment

Translate

Popular Posts

Tutorial Bootstrap

Tutorial Bootstrap
>>> Klik Gambar untuk Mendownload File Tutorial Bootstrap 3 dan 4.

Presentation Input - Output System

Presentation Input - Output System
>>> Klik Gambar untuk Mendownload File Microsoft PowerPoint.

Project Sederhana Basis Data

Project Sederhana Basis Data
>>> Klik Gambar untuk Mendownload File Microsoft Access.

QR Code Kartu Nama

QR Code Kartu Nama
Kode QR atau biasa dikenal dengan istilah QR Code adalah bentuk evolusi kode batang dari satu dimensi menjadi dua dimensi. QR merupakan singkatan dari quick response atau respons cepat, yang sesuai dengan tujuannya adalah untuk menyampaikan informasi dengan cepat dan mendapatkan respons yang cepat juga. Berbeda dengan kode batang, yang hanya menyimpan informasi secara horizontal, kode QR mampu menyimpan informasi secara horizontal dan vertikal, oleh karena itu secara otomatis Kode QR dapat menampung informasi yang lebih banyak daripada kode batang.
bayusujatmoko. Powered by Blogger.