Saling Berbagi Itu Indah

Saturday 26 December 2015

FAQ tentang Sistem Operasi and Application Software





1. Jelaskan apakah fungsi sebuah OS dalam sebuah komputer ?


Fungsi - fungsi Sistem Operasi

Sistem Operasi (operating system – OS) adalah sekumpulan program yang mengandung perintah-perintah yang mengoordinasikan semua aktivitas diantara sumber daya peranti keras komputer.

Sistem operasi menyediakan antarmuka bagi pengguna, mengelola program-program dan memori, menjadwalkan pekerjaan, melakukan konfigurasi berbagai perangkat, membuat sambungan internet, dan memantau kinerja.
  1. Antarmuka bagi pengguna, mengendalikan cara data dan perintah dimasukkan serta cara informasi ditampilkan. Dua jenis antarmuka pengguna adalah antarmuka command-line dan antarmuka grafis.
  2. Pengelolaan program mengacu pada jumlah pengguna dan program yang dapat didukung oleh sistem operasi pada satu waktu. Sistem operasi dapat berjenis pengguna tunggal/satu pekerjaan, pengguna tunggal/banyak pekerjaan, multiuser, atau multiprocessing. Manajemen memori mengoptimalkan penggunaan random access memory (RAM). Memori virtual mengalokasikan sebagian dari media penyimpanan untuk berfungsi sebagai RAM tambahan. 
  3. Penjadwalan pekerjaan menentukan urutan cara pekerjaan-pekerjaan diproses. Pekerjaan adalah sebuah operasi yang diatur oleh prosesor.
  4. Mengkonfigur perangkat-perangkat melibatkan pemuatan driver dari masing-masing perangkat ketika pengguna melakukan boot komputer. Driver adalah program yang memberitahu sistem operasi cara berkomunikasi dengan perangkat yang spesifik. 
  5.  Membuat sambungan Internet artinya melakukan pengaturan sambungan antara komputer dengan penyedia layanan Internet.
  6. Pemantau kinerja adalah program sistem operasi yang melakukan pengukuran dan melaporkan informasi mengenai pemakaian sumber daya komputer dan perangkat-perangkatnya.


2. Apakah yang dimaksud dengan Firmware, dan apa bedanya dengan OS ?


Firmware adalah perangkat lunak atau bisa disebut sebagai program yang bersifat tetap, yang tertanam pada sebuah chip perangkat keras yang mengontrol seperti alat-alat elektronik, alat telekomunikasi dan komponen-komponen komputer. Firmware bisa ada pada printer, scaner, modem, dan sejenisnya.  Tanpa firmware benda-benda tersebut tidak dapat bekerja sebagaimana mestinya.

Perbedaan Firmware dengan OS :

Sistem Operasi (operating system – OS) adalah sekumpulan program yang mengandung perintah-perintah yang mengoordinasikan semua aktivitas diantara sumber daya peranti keras komputer.
Firmware mengacu pada setumpuk kode yang lebih sederhana (jika di bandingkan operating system) yang di simpan dalam sebuah memory Non-Volatile  yang bertugas menjalankan tugas-tugas tertentu, firmware tergantung tujuan pembuatnya. Firmware adalah program yang berjalan pada Hardware,  tidak persis seperti OS, Firmware adalah citra biner dan Firmware disimpan di dalam ROM. Contoh dari firmware adalah BIOS. Jadi dapat di simpulkan firmware adalah operating system yang lebih sederhana.



3. Apakah yang dimaksud dengan cross platform application dan berikan beberapa contoh aplikasi yang termasuk dalam cross platform application?

Cross Platform Aplication (aplikasi lintas platform) adalah istilah dalam teknologi informasi mengenai sebuah perangkat lunak (software) yang dapat digunakan di beberapa sistem operasi yang berbeda (Microsoft Windows, Linux, Mac OS, BSD dan lain sebagainya). Umumnya perangkat lunak yang memiliki kemampuan lintas platform adalah perangkat lunak bebas.

Contoh perangkat lunak yang memiliki kemampuan lintas platform ini antara lain:
  • Apache HTTP Server
  • MySQL
  • PHP
  

 
4. Apakah yang dimaksud dengan Virtual Memori dan Buffer, Apakah fungsinya serta bagaimanakah cara kerja dari keduanya dalam sebuah sistem operasi?


Memory virtual (virtual memory) adalah konsep dimana sistem operasi mengalokasikan sebagian ruang dari media penyimpanan, biasanya harddisk, untuk bekerja sebagai RAM tambahan. Pengertian dari Virtual memory itu sendiri yakni memori sementara yang digunakan komputer untuk menjalankan berbagai program aplikasi ataupun menyimpan data yang membutuhkan memory yang lebih besar dari memory yang telah tersedia.

Fungsi Virtual Memory ialah untuk mengoptimalkan kinerja dari komputer, dengan tambahan memory, maka kemungkinan terjadi crash sangat kecil sekali. 

Cara Kerja virtual memori pada sistem operasi
Sistem operasi menggunakan daerah pada harddisk untuk memori virtual, dimana sistem operasi melakukan pertukaran data, informasi, dan perintah-perintah antara memori dan media penyimpanan. Teknik pertukaran antara memori dan media penyimpanan disebut paging. Ketika sebuah sistem opersai menghabiskan banyak waktunya untuk melakukan paging alih-alih mengeksekusi aplikasi peranti lunak, maka proses ini disebut thrasing, Jika aplikasi peranti lunak seperti penjelajah Web berhenti merespons dan lampu LED harddisk berkedip berulang-ulang, mungkin sistem operasinya sedang melakukan thrasing.

Buffer adalah bagian dari memori atau media penyimpanan di mana data ditempatkan ketika menunggu untuk dipindahkan dari perangkat input atau ke perangkat output.

Fungsi Buffer
Sesuai namanya memory ini (Buffer) berfungsi untuk menyangga kerja antar perangkat keras maupun antar aplikasi/program yang memiliki kecepatan berbeda atau memiliki prioritas ekskusi perintah yang berbeda. Sebagai contoh pada saat kita melakukan perekaman data kedalam CD (burnibg) yang melibatkan prosesor, RAM, CD Writer, serta perangkat lunak, perekam CD. Berkat mekanisme buffer memory, satu aplikasi atau perangkat keras tidak perlumenunggu atau tertunda kerjannya.

Cara Kerja Buffer pada Sistem Operasi
Sistem operasi biasanya menggunakan buffer untuk pekerjaan mencetak. Proses ini disebut spooling, yaitu mengirim pekerjaan mencetak ke buffer alih-alih mengirimnya langsung ke printer. Buffer menyimpan informasi yang menunggu untuk dicetak sedangkan printer mencetak dari buffer dengan kecepatannya sendiri. Dengan melakukan spooling pekerjaan  mencetak ke buffer, prosesor dapat terus menginterpretasi dan mengeksekusi perintah-perintah ketika printer sedang mencetak. Hal ini menyebabkan pengguna dapat bekerja dengan komputr untuk pekerjaan lain ketika printer sedang mencetak. Banyak pekerjaan mencetak akan diantrikan dalam queue pada buffer. Program yang disebut print spooler menghentikan pekerjaan mencetak dari sistem operasi dan menepatkannya pada queue.



5. Jelaskan dalam manajemen file, ada yang disebut dengan swap file dan slack file, apakah yang dimaksud dengan swap dan slack file tersebut!

File system atau disebut juga dengan Manajemen File adalah suatu metode dan struktur data yang dipakai oleh sistem operasi untuk mengatur serta menorganisir file yang terdapat pada disk atau partisi disk. Manajemen file (File system) ini dapat diartikan sebagai disk atau partisi yang dipakai untuk menyimpan file-file dalam cara tertentu.
Adapun manfaat dari manajemen file diantaranya yaitu, dapat mengurangi resiko kehilangan file misalnya seperti terhapusnya file secara tidak sengaja, file tersimpan dimana saja dan tidak teraturnya letak file serta dapat memudahkan kita dalam pencarian file, dapat menghemat kapasitas penyimpanan dengan cara melakukan penghapusan file yang tidak terpakai. Untuk mendapatkan manfaat dari manajemen file kamu kita dapat melakukan manajemen file dengan baik dan benar. Didalam manajemen file terdapat istilah Swap file dan Slack file

Swap File adalah file/data yang di ambil dari sistem memori atau RAM dengan mentransfer data dari RAM ke perangkat penyimpanan dalam bentuk file swap sehingga komputer mempunyai memori free/space untuk menjalankan program lain. Ekstensi Swap File adalah SWP. Swap File adalah memori virtual, karena swap file tidak tersimpan di dalam fisik RAM. Swap File memperpanjang jumlah memori yang tersedia dan komputer dapat mengakses dengan cara menukar memori yang di gunakan idle proses dari RAM ke Swap File. Cara ini juga sering di sebut "Pagging".

Slack File adalah data yang berada diantara akhir dari data dengan akhir cluster, secara garis besar File Slack itu bagian-bagian dari file yang pernah ter-delete tapi masih ada di dalam sector. Cluster sendiri adalah bagian terkecil yang bisa ditujukan secara individu oleh sistem operasi. File Slack itulah yang kemudian dicoba untuk diangkat/diambil kembali dan di teliti untuk menemukan bukti-bukti yang terkait dan membantu penyeledikan sebuah kasus.



6. Apakah yang dimaksud dengan virtual machine dan mengapa muncul teknologi virtual machine serta sebutkan tools yang banyak digunakan untuk kepentingan virtual machine ini?


Mesin virtual atau mesin maya (Inggris: virtual machine, disingkat vm) dalam ilmu komputer adalah implementasi perangkat lunak dari sebuah mesin komputer yang dapat menjalankan program sama seperti layaknya sebuah komputer asli.

Teknologi virtual  machine muncul karena memiliki  banyak kegunaan seperti  memungkinkan konsolidasi  perangkat keras,  memudahkan  recovery  sistem,  dan menjalankan perangkat lunak terdahulu.  Salah  satu penerapan penting dari teknologi  VM adalah   integrasi   lintas  platform. Beberapa   penerapan   lainnya   yang   penting adalah:

  1. Konsolidasi  server
    Jika beberapa server menjalankan aplikasi yang hanya memakan sedikit sumber daya, VM dapat digunakan untuk menggabungkan aplikasi-aplikasi tersebut sehingga berjalan pada satu server saja, walaupun aplikasi tersebut memerlukan sistem operasi yang berbeda-beda.
  2. Otomasi dan konsolidasi lingkungan pengembangan dan testing
    Setiap VM  dapat   berperan   sebagai   lingkungan   yang   berbeda,   ini  memudahkan pengembang sehingga tidak perlu menyediakan lingkungan tersebut secara fisik.
  3. Menjalankan perangkat  lunak terdahulu
    Sistem operasi dan perangkat lunak terdahulu dapat dijalankan pada sistem yang lebih baru.
  4. Memudahkan  recovery  sistem
    Solusi   virtualisasi   dapat   dipakai   untuk rencana recovery sistem yang memerlukan portabilitas dan fleksibilitas antar platform.
  5. Demonstrasi perangkat lunak
    Dengan teknologi VM, sistem operasi yang bersih dan konfigurasinya dapat disediakan secara cepat.
Mesin virtual pada mulanya didefinisikan oleh Gerard J. Popek dan Robert P. Goldberg pada tahun 1974 sebagai sebuah duplikat yang efisien dan terisolasi dari suatu mesin asli. Pada masa sekarang ini, mesin-mesin virtual dapat mensimulasikan perangkat keras walaupun tidak ada perangkat keras aslinya sama sekali. 

Contohnya adalah program yang ditulis dalam bahasa Java akan dilayani oleh Java Virtual Machine (JVM) dengan cara memberikan perintah-perintah yang dimengerti JVM yang selanjutnya akan memberikan hasil yang diharapkan. Dengan memberikan layanan seperti ini kepada program tersebut, perangkat lunak JVM ini berlaku sebagai sebuah "mesin virtual", sehingga program tidak lagi perlu untuk mengakses langsung melalui sistem operasi ataupun perangkat keras yang sangat bervariasi dan memerlukan pemrograman masing-masing secara spesifik.

Mesin virtual terdiri dari dua kategori besar, dipisahkan menurut cara penggunaan dan tingkat keterhubungannya dengan mesin-mesin aslinya. Sebuah mesin virtual sistem adalah perangkat yang berupa platform sistem yang lengkap dan dapat menjalankan sebuah sistem operasi yang lengkap. Sebaliknya, mesin virtual proses didesain untuk menjalankan sebuah program komputer tertentu (tunggal), yang berarti mesin virtual ini mendukung proses tertentu juga. Karakteristik mendasar dari sebuah mesin virtual adalah batasan-batasan bagi perangkat lunak yang berjalan di dalam mesin tersebut, sumber daya yang dibatasi, dan tidak dapat mengakses ke luar tembok batasan dunia maya itu.

Tools yang banyak digunakan untuk kepentingan virtual machine ini adalah Oracle VM VirtualBox




7. Jelaskan apa yang dimaksud dengan shareware, freeware, open source, and public-domain software serta propietary software. Berikan masing-masing contoh 3 jenis aplikasi yang termasuk didalamnya.


Peranti lunak open source (open source software) adalah peranti lunak yang disediakan untuk digunakan, dimodifikasi, dan didistribusi ulang. Peranti lunak ini tidak memliki batasan-batasan dari pemegang hak cipta mengenai modifikasi perintah-perintah internalnya dan distribusi ulangnya. Peranti lunak open source biasanya dapat diunduh dari internet, terkadang tanpa biaya. Contohnya Linux Ubuntu, Inkscape, Gimp, Open BSD.

Shareware adalah peranti lunak yang dilindugi hak cipta, didistribusikan secara gratis untuk satu periode percobaan. Untuk menggunakan program shareware di luar periode tersebut, anda harus membayar pembuat programnya. Contohnya StyleXP, Window Blinds, WinRAR

Freeware adalah peranti lunak yang dilindungi hak cipta, diberikan gratis untik seorang penggunak perorangan atau satu perusahaan yang tidak mengubah hak cipta atas peranti lunak tersebut. Contohnya Winamp, Yahoo! Messenger, AVG, Mozilla Firefox.

Peranti lunak domain publik (public-domain software) telah disumbangkan untuk penggunaan publik dan tidak memilii batasan-batasan hak cipta. Siapa pun dapat membuat duplikat atau mendistribusikan peranti lunak domain publik kepada orang lain secara gratis.
Contohnya OpenOffice, 7-Zip, Ccleaner.

Proprietary software merupakan software yang dilindungi oleh hak cipta dari penyalahgunaan dan penggunaan tidak resmi. Proprietary software umumnya dijual dengan harga yang cukup tinggi dan tidak menyertakan source code pada pembelinya. Dalam hal ini, pembeli hanya akan membayar sejumlah uang berdasarkan fitur dan fasilitas yang ada di software tersebut. Contohnya Microsoft Windows, Corel Draw, Adobe Photoshop, Mac.





Sumber - Sumber :
Vermaat, Shelly Cashman. 2007. Discovering Computers Menjelajah Dunia Komputer FUNDAMENTAL edisi 3. Jakarta: Salemba Infotek. 
wikipedia.org
 










0 komentar:

Post a Comment

Translate

Popular Posts

Tutorial Bootstrap

Tutorial Bootstrap
>>> Klik Gambar untuk Mendownload File Tutorial Bootstrap 3 dan 4.

Presentation Input - Output System

Presentation Input - Output System
>>> Klik Gambar untuk Mendownload File Microsoft PowerPoint.

Project Sederhana Basis Data

Project Sederhana Basis Data
>>> Klik Gambar untuk Mendownload File Microsoft Access.

QR Code Kartu Nama

QR Code Kartu Nama
Kode QR atau biasa dikenal dengan istilah QR Code adalah bentuk evolusi kode batang dari satu dimensi menjadi dua dimensi. QR merupakan singkatan dari quick response atau respons cepat, yang sesuai dengan tujuannya adalah untuk menyampaikan informasi dengan cepat dan mendapatkan respons yang cepat juga. Berbeda dengan kode batang, yang hanya menyimpan informasi secara horizontal, kode QR mampu menyimpan informasi secara horizontal dan vertikal, oleh karena itu secara otomatis Kode QR dapat menampung informasi yang lebih banyak daripada kode batang.
bayusujatmoko. Powered by Blogger.