Saling Berbagi Itu Indah

Thursday 24 September 2015

Review Movie - Kecerdasan Buatan Komputer "JARVIS" di Film Iron Man Layaknya Asisten Pribadi






Film Iron man yang merupakan buatan MARVEL ini diperankan oleh Robert Downey sebagai Tony Stark adalah seorang milyarder yang memiliki perusahaan produksi senjata. Film ini dirilis 2 Mei 2008, disutradarai oleh John Favreau dengan durasi film 126 menitKetika dia mempertunjukkan senjata barunya yang bernama JERICHO di timur tengah, iya diserang teroris, lalu diculik dan disuruh membuat senjata tersebut untuk teroris. Alih - alih membuat senjata iya malah membuat baju tempur untuk meloloskan diri dari teroris. Sejak saat itu iya memutuskan untuk berhenti memproduksi senjata dan mengembangkan baju tempur tersebut dengan bantuan "JARVIS" yaitu komputer canggih yang bertindak sebagai asisten pribadinya 

Just A Rather Very Intelegent System itulah nama panjang dari JARVIS. Tony Stark menciptakan JARVIS ini untuk membantunya mengembangkan baju jirah Iron Man yang bertindak sebagai asisten pribadinya. Jarvis ini tidak tampak karena dia merupakan komputer hologram yang pintar dan dapat berkomunikasi dengan Tony Stark layaknya manusia dengan manusia.

  

Jarvis memiliki tugas untuk mengelola data yang berkaitan  dengan baju jirah Iron Man dan mengerjakan semua perintah yang diperintahkan Tony. Artificial Intelligence (AI) yang dimiliki oleh Jarvis sangat canggih sehingga mampu berinteraksi dengan manusia seperti di dunia nyata. Tony Stark dalam penelitiannya sering mendapatkan bantuan informasi dari Jarvis karena Jarvis memiliki pengetahuan ilmiah yang sangat mendalam dan terkadang ia memberi masukan kepada Tony sang penciptanya.
 
 

Tanpa seorang asisten seperti Jarvis, Tony akan kesulitan menyelesaikan pekerjaannya. Jarvis dapat merespon perintah dengan cepat (proses data, fungsi robot, kontrol mekanik hacking dll) dengan masukan (input) berupa suara dan display hologram karena Jarvis diciptakan dari gabungan antara kecerdasan buatan dan data.
 


Jarvis merupakan perangkat lunak (Software) yang memiliki multi fungsi dalam mengelola lingkungan didalam rumah Tony Stark atau bisa juga disebut rumah cerdas (Smart Home) dengan menggunakan antar muka pengguna (Graphics User Interface) yang canggih dengan perangkat periferal holografik serta masukan berupa suara lalu mengkomunikasikan data kembali ke pengguna melalui output suara, monitor LCD dan menampilkan holografik.

 
 
Jarvis juga dimasukkan ke baju jirah Iron Man untuk membantu Tony Stark mengoperasikan baju besi tersebut sebagai kontrol sistem yang mengatur komputasi yang kompleks dibutuhkan untuk antar muka antara pengguna baju besi dengan sistem dan memberikan support untuk menggunakan baju besi iron man secara maksimal serta memberikan peringatan atau notifikasi secara otomatis terhadap pengaruh  lingkungan dari luar.



Harapan akan terwujudnya teknologi Jarvis ini ada pada masa depan bukan merupakan impian belaka. Kita sudah memasuki langkah menuju Jarvis sebenarnya walaupun belum mirip dan masih dalam tahap pengembangan, Contohnya Google Glass, Samsung Gear, Android Smartphone, dsb yang ada saat ini.

 Gambar Google Glass


Gambar Samsung Gear
Gambar Android Smartphone 








Location: Yogyakarta, Yogyakarta City, Special Region of Yogyakarta, Indonesia

0 komentar:

Post a Comment

Translate

Popular Posts

Tutorial Bootstrap

Tutorial Bootstrap
>>> Klik Gambar untuk Mendownload File Tutorial Bootstrap 3 dan 4.

Presentation Input - Output System

Presentation Input - Output System
>>> Klik Gambar untuk Mendownload File Microsoft PowerPoint.

Project Sederhana Basis Data

Project Sederhana Basis Data
>>> Klik Gambar untuk Mendownload File Microsoft Access.

QR Code Kartu Nama

QR Code Kartu Nama
Kode QR atau biasa dikenal dengan istilah QR Code adalah bentuk evolusi kode batang dari satu dimensi menjadi dua dimensi. QR merupakan singkatan dari quick response atau respons cepat, yang sesuai dengan tujuannya adalah untuk menyampaikan informasi dengan cepat dan mendapatkan respons yang cepat juga. Berbeda dengan kode batang, yang hanya menyimpan informasi secara horizontal, kode QR mampu menyimpan informasi secara horizontal dan vertikal, oleh karena itu secara otomatis Kode QR dapat menampung informasi yang lebih banyak daripada kode batang.
bayusujatmoko. Powered by Blogger.