Saling Berbagi Itu Indah

Wednesday 18 November 2015

Program - Program Utilitas







Selamat Datang di blog ptibayusujatmoko, pada kesempatan kali ini kita akan membahas tentang Program Utilitas. Berhubung saya menggunakan sistem operasi Windows 7, saya akan menjelaskan program utilitas standar yang terdapat pada sistem operasi windows pada umumnya. Selain itu saya juga akan menjelaskan tentang program utilitas yang populer yang saya gunakan selain bawaan dari sistem operasi. 
 

A. Program Utilitas Sistem Operasi (Internal)


Program Utilitas adalah jenis sistem perangkat lunak yang memungkinkan pengguna untuk melakukan tugas-tugas pemeliharaan. Program utilitas sistem operasi merupakan program utilitas Internal karena secara default sudah ada di dalam sistem operasi tersebut tanpa harus menginstall lagi. Program - program utilitas bawaan sistem operasi dapat  melakukan fungsi berikut :

File Manager adalah utilitas yang menampilkan fungsi yang berhubungan dengan manajemen file.  Beberapa fungsi manajemen file yang dilakukan oleh file manager adalah memformat dan menyalin disk; menampilkan daftar file pada media penyimpanan; memeriksa jumlah ruang yang digunakan  atau jumlah ruang kosong pada media penyimpanan serta mengorganisasikan, menyalin, mengganti nama, memindahkan, menghapus, dan mengurutkan file-file




Search Utility adalah sebuah program yang berupaya untuk mencari file di komputer anda berdasarkan kriteria yang anda tentukan.



          

Image Viewer adalah utilitas yang memungkinkan pengguna untuk menampilkan, menyalin, dan mencetak isi dari file grafis, seperti foto. Contoh : Windows Photo Viewer.


  
Uninstaller adalah utilitas yang menghilangkan program, serta entri yang terkait dalam file sistem.

Disk Cleanup adalah utilitas yang mencari dan menghapus file yang dianggap tidak perlu / tidak penting.

  

Disk Defragmenter adalah sebuah utilitas yang mereorganisasi file dan ruang yang tidak terpakai pada hard disk komputer sehingga sistem operasi dapat mengakses data lebih cepat dan program berjalan lebih cepat.

 


Backup Utility memungkinkan pengguna untuk menyalin, atau back up, file yang dipilih atau seluruh hard disk ke media penyimpanan lain seperti hard disk lain, cakram optik, USB flash drive, atau tape.


Restore Utility membalikkan proses dan mengembalikan file yang sudah di back up ke bentuk aslinya.

Screen Saver adalah utilitas yang menyebabkan tampilan layar perangkat untuk  menampilkan gambar bergerak atau layar kosong jika tidak ada aktivitas keyboard atau mouse terjadi untuk  waktu tertentu.
         



Personal Firewall adalah utilitas yang mendeteksi dan melindungi komputer pribadi dari gangguan yang tidak sah. Contoh : Windows Firewall.


 
  
  
B. Program Utilitas Berdiri Sendiri (Eksternal)


Program-program utilitas sering dianggap sebagai peranti lunak sistem karena membantu pengguna mengendalikan atau memelihara operasi sebuah komputer, peralatannya, atau peranti lunaknya. Program - program utilitas populer biasanya menawarkan fitur - fitur yang memberikan lingkungan yang kondusif untuk keberhasilan penggunaan peranti lunak aplikasi. Salah satu program utilitas yang lebih penting melindungi komputer terhadap virus komputer. Program utilitas berdiri sendiri (stand-alone) merupakan program utilitas yang bukan bawaan dari sistem operasi atau dapat dikatakan sebagai program utilitas eksternal. Program utilitas Eksternal harus kita install terlebih dahulu.

Utilitas stand-alone ini umunya menawarkar perbaikan-perbaikan terhadap fitur-fitur yang sudah tergabung pada sistem operasi atau menyediakan fitur yang tidak ada pada sistem operasi. Fungsi-fungsi lainnya yang disediakan utilias stand-alone antara lain adalah antivirus, kompresi file, konversi file, pembuatan CD dan DVD serta pemeliharaan PC, dsb.


1. Perawatan PC


Sebuah utilitas perawatan PC (PC maintenance utility) mengidentifikasi dan memperbaiki masalah-masalah sistem operasi, mendeteksi dan memperbaiki masalah pada disk, dan memiliki kemampuan untuk meningkatkan kinerja komputer. Sebagai tambahan, beberapa utilitas perawatan PC terus-menrus memantau komputer ketika Anda menggunakannya untuk mengidentifikasi dan memperbaiki masalah sebelum terjadi.


AVG PC TuneUp 2011, termasuk golongan program yang penting untuk dimiliki agar kinerja komputer/ laptop Anda bisa terus berjalan dengan maksimal, dengan memperbaiki beberapa kemungkinan error pada system. Selain itu AVG PC TuneUp 2011 juga dilengkapi dengan beberapa fiturnya berupa Disk Doctor, Cleaner untuk membersihkan, Defrag dan lain lain.



Platform: Logo Windows Windows 7/2008/Vista/2003/XP (32-bit dan 64-bit)
Persyaratan perangkat keras minimal: 50 MB ruang hard disk yang tersedia, 256 MB RAM

AVG PC Tune Up mempunyai fitur :

  1. Percepat hard drive Anda
  2. Lindungi privasi Anda
  3. Pulihkan file yang hilang
  4. Bersihkan register Anda
  5. Hapus file selamanya
  6. Hapus instalasi program dengan mudah.
  7. Tambah kecepatan Internet Anda
  8. Pantau program yang berjalan di latar belakang
  9. Bebaskan hard drive Anda
  10. Sesuaikan 280+ pengaturan Windows
  11. Pulihkan data dari sektor yang bermasalah
  12. Atur program yang akan dijalankan
  13. Temukan file duplikat.
  14. Bebaskan sumber daya sistem
  15. Padatkan register Anda
  16. Kenali sistem Anda
  17. Pusat Penyelamatan
Jika berminat, kalian dapat mendownload AVG PC Tune Up 2011 Disini


 2. Antivirus

Virus Komputer adalah bagian kode program yang berasal dari sumber luar yang menanamkan dirinya sendiri ke dalam komputer dan dapat menyebar serta berpotensi merusak file-file dan sistem operasi Anda. Program Antivirus melindungi komputer dari virus-virus dengan mengidentifikasi dan menghapus virus komputer yang ditemukan dalam memori, media penyimpanan, atau pada file file yang masuk.

SMADAV merupakan perangkat lunak antivirus buatan Indonesia. Kelebihannya adalah antivirus ini sangat ringan dan file nya tidak besar. Kini pihak Smadav telah merillis versi terbarunya di versi Smadav 2015 Rev 10.4. Kegunaan utamanya yaitu proteksi tambahan komputer, proteksi total USB Flashdisk, dan pembersihan virus yang menyebarluas.



  

4 fungsi utama Smadav :
  1. Proteksi tambahan untuk komputer Anda, 100% kompatibel dengan antivirus lainnya! 
  2. Best USB Antivirus (Proteksi Total USB Flashdisk)
  3. Best for offline use (tidak perlu update terlalu sering)
  4. Cleaner dan tools untuk membersihkan virus
Jika berminat kalian dapat mendownload SMADAV Pro Disini

3. Kompresi File




Utilitas Kompresi File (file compression utility) menyusutkan ukuran file. File yang terkompresi menggunakan ruang peyimpanan yang lebih sedikit daripada file aslinya. Mengompresi file-file akan menciptakan ruang kosong yang baru pada media penyimpanan dan memperbaiki kinerja sistem. File terkompresi sering disebut file zip (zipped file). Mendekompresi sebuah file berarti mengembalikan file tersebut ke bentuk aslinya. Salah satu program utilitas kompresi file yang terkenal dan saya gunakan saat ini adalah Winrar.

Jika berminat kalian juga bisa mendownload Winrar full Disini


4. Konversi File
 

Utilitas Konversi File (file conversion utility) mengubah isi dari sebuah file atau data dari satu format ke format lainnya. Ketika sebuah perusahaan mengembangkan sistem baru, sering kali data dari sistem saat ini tidak dalam format yang benar untuk sistem yang baru. Oleh karena itu, bagian dari proses pengembangan sistem adalah mengonversi data alih-alih meminta pengguna memasukkan ulang semua data yang ada kedalam sistem yang baru. 

Dalam skala yang lebih kecil ketika pengguna rumahan membeli peranti lunak baru, mereka mungkin pelu mengubah format file sehingga file-file tersebut dapat ditampilkan secara benar pada peranti lunak yang baru.


 
Salah satu utilitas file konversi yang saya gunakan adalah Nitro Pro. Nitro Pro 8 adalah sebuah aplikasi yang dapat mengkonversi berbagai format file seperti .pdf  dan beberapa format ms office word seperti .doc .docx, ms office excel .xls, ms office power point seperti .ppt dan berbagai format gambar .jpg .png dsb.

Jika kalian berminat kalian dapat mendownload Nitro Pro 8 Disini


5. CD/DVD Burning




Peranti lunak CD/DVD burning menulis file-file teks, grafik, audio, dan video, pada CD atau DVD yang dapat direkam atau ditulisi ulang. Peranti lunak ini memungkinkan penguna membuat backup dari isi harddisk mereka pada sebuah CD/DVD dan membuat salinan dari musik atau film yang tidak dilindungi hak cipta dengan mudah. Peranti lunak CD/DVD burning biasanya juga menyertakan kemampuan penyuntingan foto, audio, dan video.

Ketika membeli sebuah CD/DVD yang dapat direkam atau ditulisi ulang, biasanya juga akan mendapati peranti lunak untuk membuat CD/DVD.

Jika berminat kalian dapat mendownload Nero 8 Full Disini 


Note :
AVG PC Tune Up 2011 dan SMADAV hanyalah contoh dari program utilitas populer yang saya gunakan. Masih banyak lagi program utilitas populer yang lainnya seperti Avast, Avira, Eset, Norton, SpeedBit, CCleaner, System Suite, WinOptimizer, TuneUp Utilities  dsb. Pilihlah program utilitas sesuai kebutuhan dan spesifikasi komputer anda jangan sampai program utilitas yang berlebihan malah mengurangi performa komputer anda karena terlalu banyak memakan RAM.


Semoga blog ini menambah wawasan anda tentang program utilitas komputer :)


Sumber - Sumber :
http://www.smadav.net/
Vermaat, Shelly Cashman. 2007. Discovering Computers Menjelajah Dunia Komputer FUNDAMENTAL edisi 3. Jakarta: Salemba Infotek.

 
 

0 komentar:

Post a Comment

Translate

Popular Posts

Tutorial Bootstrap

Tutorial Bootstrap
>>> Klik Gambar untuk Mendownload File Tutorial Bootstrap 3 dan 4.

Presentation Input - Output System

Presentation Input - Output System
>>> Klik Gambar untuk Mendownload File Microsoft PowerPoint.

Project Sederhana Basis Data

Project Sederhana Basis Data
>>> Klik Gambar untuk Mendownload File Microsoft Access.

QR Code Kartu Nama

QR Code Kartu Nama
Kode QR atau biasa dikenal dengan istilah QR Code adalah bentuk evolusi kode batang dari satu dimensi menjadi dua dimensi. QR merupakan singkatan dari quick response atau respons cepat, yang sesuai dengan tujuannya adalah untuk menyampaikan informasi dengan cepat dan mendapatkan respons yang cepat juga. Berbeda dengan kode batang, yang hanya menyimpan informasi secara horizontal, kode QR mampu menyimpan informasi secara horizontal dan vertikal, oleh karena itu secara otomatis Kode QR dapat menampung informasi yang lebih banyak daripada kode batang.
bayusujatmoko. Powered by Blogger.