Saling Berbagi Itu Indah

Saturday 12 December 2015

Top Influential People In Computer Science



Selamat datang di Blog ptibayusujatmoko. Pada kesempatan ini saya akan membahas tentang orang yang berpengaruh didalam ilmu komputer yang menurut saya perlu dijadikan sebagai contoh atas ketekunan, kesabaran, keberhasilan, dan kejeniusan mereka dalam menekuni bidang komputer.


1. Tim Berners-Lee : Penemu World Wide Web


 

World Wide Web (WWW) telah menjadi salah satu layanan internet yang paling banyak digunakan, dan WWW merupakan hasil karya seseorang bernama Sir Timothy John atau biasa dipanggil “Tim” Berners lee. Pria kelahiran London, Inggris pada tanggal 8 Juni 1955. Berners Lee disebut-sebut sebagai pencipta server dan penjelajah web pertama sekaligus pencipta alamat URL.

Dengan penemuan dan kesuksesan yang diraihnya dia tidak terlepas dari masa lalu dimana orang tua Tim sudah mengajarkannya untuk berfikir kreatif, dan ketika ia masih kanak-kanak, lee sudah bisa mengoperasikan bilangan imajiner dalam pikirannya (seperti berapa nilai akar dua dari minus 4).  Disaat lee memulai kuliah di oxford. Dia sudah bisa merakit komputer sendiri dari barang-barang elektronik bekas TV. Dan dia juga senang mempelajari fisika karena fisika menggabungkan konsep matematika dan elektronika. Disisi baik juga lee dengan visi jauh kedepannya dia memutuskan untuk berkiprah di organisasi nirlaba dan tidak banyak mengambil keuntungan dari penemuan dan keahliannya.

Ia mengembangkan gagasan-gagasannya pada tahun 1989 selagi bekerja di CERN, European Particle Physics Laboratory di Jenewa, Swiss dan mendasarkan karyanya pada program yang ditulisnya guna penggunaan pribadi untuk menelusuri asosiasi acak. Saat ini, ia bekerja dalam bidang akademis sebagai direktur World Wide Web Consurtium (W3C) di Massachussets Institute of Technology.

Rentang waktu tahun 1991 sampai 1993, lee berusaha untuk memperbaiki dan memaksimalkan web nya agar tampilan web nya lebih maksimal. Dia merancang halaman web dan mengatur para pengguna internet untuk mengunjungi web nya. Dan dia tercatat membuat URL, penggunaan HTTP, dan pengkodean HTML. Dan ini terbukti internet semakin maju. 

Di tahun 2005, Berners-Lee mengatakan pada British Broadcasting Corporation (BBC) bahwa ia sangat gembira melihat blogging menjadi media kreatif yang mirip dengan gagasan awalnya tentang World Wide Web. 


2. Bill Gates : Pendiri Perusahaan Microsoft



William Hendry Gates III atau yang lebih akrab dengan sebutan Bill Gates merupakan salah satu orang yang paling berpengaruh dalam perkembangan Sistem Operasi (OS). Orang  paling kaya di dunia ini adalah pendiri dan pemimpin dari perusahaan Microsoft yang terkenal dengan Sistem Operasi Windows-nya yang didirikan tahun 1975. Bill Gates lahir pada 28 Oktober 1955, di Seattle, Washington. Ayahnya bernama William Henry Gates dan Ibunya bernama Mary Maxwell. Ia anak kedua dari tiga bersaudara.

Sejak kecil Bill Gates adalah seorang anak yang cerdas dan penuh semangat. Lalu orang tuanya memutuskan untuk memindahkan Bill ke sekolah Lakeside pada tahun 1968 karena mengalami kesulitan di sekolah lamanya. Di Lakeside ia pertama kali belajar komputer.

Bill Gates menguasai pemrograman komputer BASIC dengan cepat. Ia belajar bersama para hacker yang juga belajar secara otodidak di Lakeside. Bill Gates betah menghabiskan waktu berjam-jam di depan komputer menulis program, melakukan permainan, serta mempelajari banyak hal tentang komputer.

Ia menempuh kuliah di Harvard University di Cambridge mulai tahun 1975. Di sana ia bertemu dengan Paul Allen sewaktu sekolah bersama-sama. Bersama Paul Allen, Bill Gates terus mengembangkan bakatnya di bidang pemograman komputer. Namun, Bill gates memutuskan keluar (drop out) untuk menyumbangkan waktunya ke Microsoft. Dari sini lah awal perusahaan peranti lunak terbesar di dunia ini berdiri.

Sampai saat ini sistem operasi Windows  masih menjadi sistem operasi  paling favorit dan paling banyak di gunakan oleh semua  pengguna komputer di dunia. Tercatat sistem operasi Windows menguasai hampir 80% penggunaan sistem operasi di dunia.



 



0 komentar:

Post a Comment

Translate

Popular Posts

Tutorial Bootstrap

Tutorial Bootstrap
>>> Klik Gambar untuk Mendownload File Tutorial Bootstrap 3 dan 4.

Presentation Input - Output System

Presentation Input - Output System
>>> Klik Gambar untuk Mendownload File Microsoft PowerPoint.

Project Sederhana Basis Data

Project Sederhana Basis Data
>>> Klik Gambar untuk Mendownload File Microsoft Access.

QR Code Kartu Nama

QR Code Kartu Nama
Kode QR atau biasa dikenal dengan istilah QR Code adalah bentuk evolusi kode batang dari satu dimensi menjadi dua dimensi. QR merupakan singkatan dari quick response atau respons cepat, yang sesuai dengan tujuannya adalah untuk menyampaikan informasi dengan cepat dan mendapatkan respons yang cepat juga. Berbeda dengan kode batang, yang hanya menyimpan informasi secara horizontal, kode QR mampu menyimpan informasi secara horizontal dan vertikal, oleh karena itu secara otomatis Kode QR dapat menampung informasi yang lebih banyak daripada kode batang.
bayusujatmoko. Powered by Blogger.