Saling Berbagi Itu Indah

Thursday 24 September 2015

Benchmarking Komputer (Mengukur Kemampuan Komputer)

A. Pengertian Benchmarking Komputer

 

https://blogger.googleusercontent.com/img/b/R29vZ2xl/AVvXsEgmhRFqhxbNVYWRo7QROGbza96O7hVd8qmMBr70DMBgNE1aAL9RSZ0Y3ohMRyqHhL_N1MqPdKHwE5bFmZBfXF-cr3em8D5EODSznijNbEKrgFMsVNYyZ50TSJcD28oRUS_kzn9E6TX4rSEG/s1600/novabench.jpg

Pada umumnya Benchmark adalah suatu metode untuk mengevaluasi kinerja sistem (komputer) kita, dan menggunakan hasil evaluasi tadi untuk dibandingkan dengan sistem (komputer) lainnya. Istilah benchmark ini umum, tidak hanya untuk komputer, tapi di bidang lainnya juga banyak pemakaian istilah ini.

Evaluasi dengan benchmark ini biasanya akan menghasilkan hasil akhir berupa angka (skor). Untuk membandingkan komputer yang performanya lebih baik simpel saja, tinggal lihat komputer yang skor hasil benchmarknya lebih tinggi, berarti komputer tersebut lebih baik dari komputer pembandingnya. Tapi tentunya, ada juga indikator-indikator tertentu, sebab performa sebuah komputer memiliki banyak ukuran.

Performa dari sebuah komputer memang sulit sekali untuk diukur, karena sifatnya intangible, tidak bisa dibandingkan langsung dengan mata kepala kita sendiri, kecuali memang performanya berbeda sangat jauh. Namun walaupun begitu, banyak orang-orang yang ingin bisa membandingkan performa komputer mereka antara satu dengan yang lainnya. Dan akhirnya, munculah sebuah tools untuk membantu mereka yang disebut dengan "Benchmark"

Manfaat Melakukan Benchmark pada Komputer
  1. Mengetahui kinerja komputer kita secara keseluruhan sehingga kita dapat membandingkannya dengan komputer lain untuk meningkatkan kinerja komputer kita.
  2. Memudahkan kita dalam mengupgrade hardware seperti, CPU, RAM, dan VGA karena kita mengetahui spesifikasinya secara mendalam
  3. Ketika membeli komputer, maka kita dapat terhindar dari penipuan. Hardware bisa diperiksa sendiri apakah memang sesuai dengan spesifikasi saat pembelian.

Pada kesempatan kali ini saya menggunakan aplikasi NovaBench untuk mengevaluasi performa (benchmark) komputer saya karena ukurannya yang kecil, ringan dan gratis (Freeware). Komputer (laptop) saya yaitu Hewlett Packard Compaq Presario v3000 

Anda dapat mendownload NovaBench disini

B. Screenshot Proses Benchmark

NovaBench berfungsi untuk membenchmark hard drive , yang difokuskan kepada kecepatan dan kinerja grafis 2D hard drive.
 

Tampilan Awal NovaBench

 
Tampilan Floating Point Operations (CPU)

 
Tampilan Integer  Operations (CPU)

 
Tampilan MD5 Hashing Speed (CPU)

 
Tampilan RAM Transfer Speed (Hardware)

 
Tampilan 3D Graphics Test (GPU)

 
Tampilan Result  



C. Laporan Penjelasan Hasil Benchmark

NovaBench Score: 260

26/09/2015 12:46:13
Microsoft Windows 7 Ultimate
Intel Core2 Duo T5250 1.50GHz @ 1500 MHz
Graphics Card: Mobile Intel(R) 965 Express Chipset Family

1527 MB System RAM (Score: 94)
- RAM Speed: 2665 MB/s

CPU Tests (Score: 154)
- Floating Point Operations/Second: 41648714
- Integer Operations/Second: 87448886
- MD5 Hashes Generated/Second: 481051

Graphics Tests (Score: 6)
- 3D Frames Per Second: 22

Hardware Tests (Score: 6)
- Primary Partition Capacity: 29 GB
- Drive Write Speed: 39 MB/s


.

Dari hasil yang saya peroleh setelah saya melalukan Benchmark Komputer saya menggunakan NovaBench saya mengetahui pengukuran tingkat kinerja pada komputer saya, pada bagian CPU, RAM, Graphics dan Hardware. Tapi saya mengkhususkan untuk melihat kemampuan komputer saya dari segi Prosessor dan RAM. Nilai (Score) yang ditampilkan adalah hasil pengujian NovaBench terhadap komputer yang dimaksud. Semakin tinggi total nilai yang dihasilkan, berarti semakin bagus performa hardware komputer yang sedang diuji.

Saya  memperoleh informasi dan gambaran mengenai kondisi kinerja prosesor pada Komputer saya, yaitu Intel Core2 Duo T5250 dengan Clock Speed 1500 MHz . Kemampuan untuk mendokumentasikan clock speed  ini membuat NovaBench menjadi alat untuk overclocker motherboard, sebagai cara untuk membuktikan kecepatan CPU yang dicapai dengan berbagai test.

Selain dari Prosesor sebagai titik acuan, ternyata RAM juga memiliki andil besar dalam mempengaruhi kinerja komputer. Komputer saya memiliki 1527 MB system RAM dan RAM speed 2665 MB/s. RAM (Random Access Memory) yang merupakan memori utama, apabila anda memberikan daya pada komputer file-file sistem operasi tertentu dimuat ke dalam RAM dari Harddisk. File ini tetap berada dalam RAM selama memiliki daya. Jika program tambahan dan data diminta, mereka juga dimasukkan ke dalam RAM dari Harddisk. Semakin besar kapasitas RAM semakin cepat kinerja komputer karena dapat memuat banyak data sementara. 

Kesimpulannya, saya dapat menjadikan informasi kinerja Komputer saya sebagai titik acuan untuk meningkatkan kinerja pada computer saya. Selain itu saya juga dapat memparameterkan bagus atau tidaknya Komputer saya khususnya dari segi Prosesor dan RAM, dengan referensi Prosesor dan RAM lain yang ada pada benchmark ini.

 


 






Location: Yogyakarta, Yogyakarta City, Special Region of Yogyakarta, Indonesia

0 komentar:

Post a Comment

Translate

Popular Posts

Tutorial Bootstrap

Tutorial Bootstrap
>>> Klik Gambar untuk Mendownload File Tutorial Bootstrap 3 dan 4.

Presentation Input - Output System

Presentation Input - Output System
>>> Klik Gambar untuk Mendownload File Microsoft PowerPoint.

Project Sederhana Basis Data

Project Sederhana Basis Data
>>> Klik Gambar untuk Mendownload File Microsoft Access.

QR Code Kartu Nama

QR Code Kartu Nama
Kode QR atau biasa dikenal dengan istilah QR Code adalah bentuk evolusi kode batang dari satu dimensi menjadi dua dimensi. QR merupakan singkatan dari quick response atau respons cepat, yang sesuai dengan tujuannya adalah untuk menyampaikan informasi dengan cepat dan mendapatkan respons yang cepat juga. Berbeda dengan kode batang, yang hanya menyimpan informasi secara horizontal, kode QR mampu menyimpan informasi secara horizontal dan vertikal, oleh karena itu secara otomatis Kode QR dapat menampung informasi yang lebih banyak daripada kode batang.
bayusujatmoko. Powered by Blogger.